PENETAPAN KKM
SMP NEGERI 37 OKU
MATA PELAJARAN :
Matematika
KELAS/ SEMESTER :
IX/ 1
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
|
|||||||
INDIKATOR
|
KD
|
SK
|
MAPEL
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
R
|
||||||||
1
|
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya
dalam pemecahan masalah
|
1.1 Mengiden tifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan
kongruen
|
· Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun
datar
|
62
|
60
|
62
|
61.33
|
61.33
|
60.77
|
60.57
|
|
· Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
|
62
|
60
|
62
|
61.33
|
|||||||
1.2 Mengiden
tifikasi sifat-sifat dua segi-tiga sebangun dan kongruen
|
·
Membedakan pengertian sebangun dan
kongruen dua segitiga.
|
62
|
60
|
60
|
60.67
|
60.67
|
|||||
· Menyebutkan
sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
|
62
|
60
|
60
|
60.67
|
|||||||
1.3 Menggunakan
konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
|
· Menentukan perbandingan sisi-sisi dua
segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
|
62
|
60
|
60
|
60.67
|
60.33
|
|||||
· Memecahkan masalah yang melibatkan
kesebangunan.
|
60
|
60
|
60
|
60
|
|||||||
2.
|
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta
menentukan ukurannya
|
2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
|
· Menyebutkan unsur-unsur: jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari
tabung, kerucut dan bola
|
65
|
60
|
62
|
62.33
|
62.33
|
61.07
|
||
2.2 Menghitung
luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
|
· Menghitung luas selimut tabung, kerucut, dan bola.
|
62
|
60
|
62
|
61.33
|
60.88
|
|||||
· Menghitung volume tabung, kerucut dan bola.
|
62
|
60
|
62
|
61.33
|
|||||||
·
Menghitung unsur-unsur
tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui
|
60
|
60
|
60
|
60
|
|||||||
2.3 Memecakan
masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
|
· Menggunakan rumus luas selimut dan
volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan
bola.
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
|||||
3.
|
Melakukan pengolahan dan penyajian data
|
3.1 Menentukan
rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsiran-nya
|
· Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan
turus/tally.
|
62
|
60
|
60
|
60.67
|
60.89
|
60.44
|
||
· Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan
data.
|
62
|
60
|
62
|
61.33
|
|||||||
· Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya.
|
62
|
60
|
60
|
60.67
|
|||||||
3.2. Menyajikan
data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
|
· Menyajikan data tunggal dalam bentuk tabel, diagram batang, garis dan
lingkaran.
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
|||||
· Membaca diagram suatu data
|
60
|
60
|
60
|
60
|
|||||||
4.
|
Memahami peluang kejadian sederhana
|
4.1 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
|
· Menjelaskan pengertian ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan.
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
||
· Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya.
|
60
|
60
|
60
|
60
|
|||||||
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
|
·
Menghitung peluang
masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan
|
60
|
60
|
60
|
60
|
60
|
|||||
·
Menghitung nilai
peluang suatu kejadian.
|
60
|
60
|
60
|
60
|
|||||||
KKM Mata
pelajaran semester satu (1) » 61
|
KRITERIA
|
Tinggi
|
Sedang
|
Rendah
|
1.
Kesulitan materi
2. Daya dukung
3.
Intake siswa
|
1
3
3
|
2
2
2
|
3
1
1
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Dra. ANNI ASTUTI
NIP.
196302081983022001
|
Mekar Jaya, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
JON ERWIN, S.Pd
NIP.
197506031999031007
|
PENETAPAN KKM
SMP NEGERI 37 OKU
MATA PELAJARAN :
Matematika
KELAS/ SEMESTER :
IX/ 2
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMAL
(KKM)
|
|||||||
INDIKATOR
|
KD
|
SK
|
MAPEL
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
R
|
||||||||
5.
|
Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk
akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
|
5.1 Mengiden-tifikasi
sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
· Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif,
negatif dan nol.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
|
· Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
|||||
· Menjelaskan arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
|||||
5.2 Melakukan
operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
|
· Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu
bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
||||
5.3 Memecah kan
masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
|
· Menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan
bentuk akar untuk memecahkan masalah
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
||||
6.
|
Memahami barisan dan deret bilangan
serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
|
6.1 Menentukan
pola barisan bilangan sederhana.
|
· Menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
||
· Menjelaskan unsur-unsur barisan dan deret, misalnya; suku pertama, suku
berikutnya, suku ke –n, beda, rasio.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
|||||||
· Menentukan pola barisan bilangan.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
|||||||
6.2 Menentu kan suku ke-n
barisan aritmatika dan barisan geometri
|
· Menjelaskan pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
|||||
· Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
|||||||
6.3 Menentu-kan
jumlah n suku pertama deret arit-matika dan deret geometri
|
· Menjelaskan pengertian deret aritmatika dan deret geometri naik atau
turun.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
|||||
· Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret
geometri.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
|||||||
6.4 Memecah kan
masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
|
· Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret
geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret.
|
61
|
61
|
61
|
61
|
61
|
|||||
KKM Mata pelajaran
semester dua (2) » 61
|
KRITERIA
|
Tinggi
|
Sedang
|
Rendah
|
1.
Kesulitan materi
2. Daya dukung
3.
Intake siswa
|
1
3
3
|
2
2
2
|
3
1
1
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Dra. ANNI ASTUTI
NIP.
196302081983022001
|
Mekar Jaya, Juli 2010
Guru Mata Pelajaran
JON ERWIN, S.Pd
NIP.
197506031999031007
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar