SELAMAT DATANG DI BLOG PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

SELAMAT DATANG DI BLOG PENDIDIKAN SMP NEGERI 37 OKU PROPINSI SUMATERA SELATAN

Rabu, 21 Maret 2012

KKM MATEMATIKA KELAS 9 SEMSTER 1 DAN SEMESTER 2


PENETAPAN  KKM  SMP NEGERI 37 OKU    

MATA PELAJARAN              : Matematika
KELAS/ SEMESTER             : IX/ 1
NO

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
 (KKM)

INDIKATOR
KD
SK

MAPEL

1
2
3
R

1
Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
1.1   Mengiden tifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen
·   Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar
62
60
62
61.33
61.33
60.77
60.57

·   Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen
62
60
62
61.33

1.2   Mengiden tifikasi sifat-sifat dua segi-tiga sebangun dan kongruen
·   Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga.
62
60
60
60.67
60.67

·   Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen.
62
60
60
60.67

1.3   Menggunakan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah
·   Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya
62
60
60
60.67
60.33

·   Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan.
60
60
60
60

2.
Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
2.1  Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola
·    Menyebutkan unsur-unsur: jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola
65
60
62
62.33
62.33
61.07

2.2   Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola
·    Menghitung luas selimut tabung, kerucut, dan bola.
62
60
62
61.33
60.88

·    Menghitung volume tabung, kerucut dan bola.
62
60
62
61.33

·    Menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui
60
60
60
60

2.3  Memecakan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola
·   Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola.
60
60
60
60
60

3.
Melakukan pengolahan dan penyajian data
3.1  Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsiran-nya
·    Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally.
62
60
60
60.67
60.89
60.44

·    Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data.
62
60
62
61.33

·    Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya.
62
60
60
60.67

3.2.  Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran
·    Menyajikan data tunggal dalam bentuk tabel, diagram batang, garis dan lingkaran.
60
60
60
60
60

·    Membaca diagram suatu data
60
60
60
60

4.
Memahami peluang kejadian sederhana
4.1   Menentukan ruang sampel suatu percobaan
·    Menjelaskan pengertian ruang sampel dan titik sampel suatu percobaan.
60
60
60
60
60
60

·    Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya.
60
60
60
60

4.2   Menentukan peluang suatu kejadian sederhana
·    Menghitung peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan
60
60
60
60
60

·    Menghitung nilai peluang suatu kejadian.
60
60
60
60

KKM Mata pelajaran semester satu (1)  » 61



KRITERIA
Tinggi
Sedang
Rendah
1. Kesulitan materi
2. Daya dukung
3. Intake siswa
1
3
3
2
2
2
3
1
1

Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. ANNI ASTUTI
NIP. 196302081983022001
Mekar Jaya,  Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



JON ERWIN, S.Pd
NIP. 197506031999031007

PENETAPAN  KKM  SMP NEGERI 37 OKU    

MATA PELAJARAN              : Matematika
KELAS/ SEMESTER             : IX/ 2
NO

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

INDIKATOR
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
 (KKM)

INDIKATOR
KD
SK

MAPEL

1
2
3
R

5.
Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
5.1    Mengiden-tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar
·     Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif dan nol.
61
61
61
61
61
61
61

·     Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif.
61
61
61
61
61
61

·     Menjelaskan arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar.
61
61
61
61
61
61

5.2   Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
·     Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar.
61
61
61
61
61
61

5.3   Memecah kan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar
·     Menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar untuk memecahkan masalah
61
61
61
61
61
61

6.
Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
6.1   Menentukan pola barisan bilangan sederhana.
·    Menjelaskan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan.
61
61
61
61
61
61

·    Menjelaskan unsur-unsur barisan dan deret, misalnya; suku pertama, suku berikutnya, suku ke –n, beda, rasio.
61
61
61
61

·    Menentukan pola barisan bilangan.
61
61
61
61

6.2   Menentu kan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri
·    Menjelaskan pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri.
61
61
61
61
61

·    Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri.
61
61
61
61

6.3   Menentu-kan jumlah n suku pertama deret arit-matika dan deret geometri
·    Menjelaskan pengertian deret aritmatika dan deret geometri naik atau turun.
61
61
61
61
61

·    Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri.
61
61
61
61

6.4   Memecah kan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret
·    Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret.
61
61
61
61
61

KKM Mata pelajaran semester dua (2)  » 61



KRITERIA
Tinggi
Sedang
Rendah
1. Kesulitan materi
2. Daya dukung
3. Intake siswa
1
3
3
2
2
2
3
1
1


Mengetahui,
Kepala Sekolah



Dra. ANNI ASTUTI
NIP. 196302081983022001
Mekar Jaya,  Juli 2010
Guru Mata Pelajaran



JON ERWIN, S.Pd
NIP. 197506031999031007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar